Banda Aceh – Masyarakat Kecamatan Jayabaru kota Banda Aceh meriahkan Lomba Masak Kuah Beulagong yang diselenggarakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh Arif Fadillah.

Acara yang berlangsung di Lapangan Bola Kaki Gampong Emperom ini diikuti oleh seluruh gampong dalam Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh, Minggu (11/11/18).

“Sebagaimana kita lihat kontestasi kuah belangong ini khusus Kecamatan Jaya Baru dan juga perwakilan dari Aceh Besar, kegiatan ini diselenggarakan untuk kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi sebagai sesama warga Jaya Baru,” kata Arif Fadillah.

Menurut Arif, ini merupakan kegiatan reguler yang setiap tahun dilaksanakan dan akan terus diselenggaran di masa yang akan datang. Kegiatan ini diikuti oleh sembilan gampong dari Kecamatan Jaya Baru dua di antaranya merupakan perwakilan dari Aceh Besar.

“Dua gampong ini sengaja diundang supaya kita ada perbandingan rasa antara masakan Aceh Besar dan Banda Aceh, dalam racikan makanan kita yaitu kuah beulagong,” ujar Arif.

Menurut Arif, ide membuat lomba ini karena kuah beulangong merupakan makanan universal yang disukai dari orang tua sampai anak-anak. Makanan ini merupakan ciri khas bagi masyarakat Banda Aceh dan Aceh Besar. “Ini merupakan aset bagi kita makanya perlu kita angkat dan kita lestarikan bersama,” tambah Arif.

Dalam lomba olah kuliner ini, yang menjadi penilaian yaitu keseragaman peserta, kerapian, kebersihan, dan rasa dari masakan itu sendiri.

Dia berharap dengan diselenggarakan event ini ada kepedulian Pemerintah Kota Banda Aceh untuk bisa menggarap potensi ini secara maksimal sehingga bisa ciptakan kuah belagong ini sebagai destinasi pariwisata di Kota Banda Aceh.

“Jadi, karena ini adanya hanya di Banda Aceh dan Aceh Besar, ke depan bisa kita optimalkan dan kita garap supaya bisa lebih dikemas dengan nilai-nilai ekonomis dari sisi wisata yang ada,” kata Arif Fadillah.[]

Sumber : acehtrend

Related Posts
Warga Jaya Baru Meriahkan Lomba Masak Kuah Beulangong Ketua DPRK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *