@aceHTrend/Hendra Keumala

Banda Aceh – Tim jemaah pengajian Zul Arafah dari Kecamatan Banda Raya Banda Aceh memenangi Lomba Masak Kuah Beulangong se-Kecamatan Baiturrahman yang diselenggarakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh Arif Fadillah pada Minggu (25/11/18).

Dalam lomba masak kuliner Aceh tersebut, tim jemaah pengajian Zul Arafah mendapatkan nilai terbanyak dari dewan juri dengan jumlah 880 poin, dua terbanyak disusul dari tim Gampong Baro 870 poin, kemudian juara tiga dari Gampong Peuniti dengan perolehan nilai 850 poin.

Perlombaan ini diikuti oleh sepuluh gampong dalam Kecamatan Baiturrahman, ditambah dua tim kehormatan dari Kecamatan Bandar Raya, yaitu Gampong Lampuet dan jemaah pengajian Zul Arafah.

“Kami telah menilai berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan bersama, tidak ada intervensi dari siapa pun dalam penilaian, ini murni berdasarkan pengamatan dari dewan juri,” kata Chef Mulyadi dari Best Western Hotel Jakarta, yang menjadi salah seorang dewan juri dalam kegiatan tersebut.

Mulyadi menambahkan, ada beberapa kategori yang menjadi penilai dewan juri, yaitu cita rasa, kebersihan, dan kerja sama tim. Dalam satu tim terdiri atas lima orang.

“Ke depan para peserta juga harus melihat keseragaman, peserta tidak asal-asalan, kemudian untuk kebersihan bukan hanya dari tempat kerja tapi juga dimulai dari personal peserta itu sendiri, tidak merokok ketika saat memasak apalagi ini kompetisi, itu bagian dari penilaian,” kata dia.

Dewan juri lainnya, pakar kuah beulangong, Abu Usman, menyampaikan dalam perlombaan tersebut para peserta diberikan waktu selama dua jam untuk memasak mulai dari mempersiapkan bahan masakan sampai meracik bumbu dan penyajian masakan.

Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah menyampaikan perlombaan tersebut dilakukan untuk mengangkat kembali cita rasa kekayaan kuliner Aceh khususnya Banda Aceh dan Aceh Besar.

Arif berharap dengan adanya event tersebut, ke depan menjadi bagian dari agenda Pemerintah Kota Banda Aceh untuk serius dalam mengangkat cita rasa dari kuah beulangong tersebut.

“Perlombaan ini juga untuk mempersatukan masyarakat yang ada di sekitar Baiturahman dan daerah kota Banda Aceh dari kegiatan warga dapat menukarkan masakan mereka satu sama lain dan menikmati masaka tersebut secara bersama sama,” kata Arif Fadillah.[]

sumber : aceHTrend

Tim Pengajian Zul Arafah Juara Lomba Masak Kuah Beulangong Ketua DPRK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *