PKS Minta Pemerintah Serius Benahi Persoalan Parkir

0
86

Banda Aceh – Juru bicara Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRK Banda Aceh Irwansyah, meminta pemerintah serius memperhatikan persoalan macet di Banda Aceh.

Menurut Irwansyah, seiring dengan semakin meningkatnya pertumbuhan pembangunan dan pertambahan jumlah kendaraan. Salah satu penyebab utama kemacetan di Kota Banda Aceh adalah persoalan pengaturan parkir kendaraan yang belum tertata secara baik, khususnya pada pusat-pusat perbelanjaan.

Pemko Banda Aceh, harus memastikan lokasi parkir terlebih dahulu sebelum mewujudkan program-program seperti Mall Pelayanan Publik yang direncanakan di lokasi pasar Aceh serta pembangunan Trans Mall Banda Aceh di jalan P Nyak Makam, karena di kedua lokasi tersebut saat ini sudah sangat macet.

“Misalnya saja di jalan P Nyak Makam yang selama ini sudah menjadi lokasi sangat padat dengan banyaknya pusat kuliner dan hotel yang juga memanfaatkan badan jalan sebagai area parkir, dan akan semakin bertambah padat saat adanya rencana pembangunan Trans mall,” kata Irwansyah.

Maka ia menyarankan agar segera diterapkan sistem parkir dengan memakai portal disepanjang jalan P Nyak Makam secara keseluruhan, jangan hanya pada satu titik saja, sehingga menimbulkan kesenjangan dikarenakan penggunaan parkir portal tidak merata.

Sementara untuk lokasi lain seperti pasar Aceh agar disiapkan regulasi untuk tariff progresif. Hal ini penting untuk mengantisipasi terjadinya pemakaian lokasi parkir secara tidak sehat seperti menginapkan kendaraan ditempat parkir sehingga menghambat kendaraan lain untuk parkir.

“Ini penting untuk segera ditindaklanjuti guna mengurangi kemacetan dan mengarahkan masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum serta mengurangi pemakaian kendaraan pribadi,” ujar Irwansyah.[hen]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here