Banda Aceh – Komisi C DPRK  Banda Aceh dalam rangka pembahasan Rancangan Qanun Petanggung Jawaban pelaksanaan APBK  tahun 2018 melakukan kunjungan lapangan dengan meninjau dua tempat yang berbeda, yakni Bank Sampah di Gampong Panteriek dan UPTD Pembuangan Akhir Blang Bintang Aceh Besar, Rabu 19 Juni 2019.

Dalam kunjungannya, yang langsung dipimpin Ketua Komisi C Mahyiddin Aly berserta Anggota Komisi lainnya: Tasrif, Zulfikar dan Zulkifli Abdy serta di dampingi oleh Plt Kepala DLHK3 Jalaluddin. Rombongan melihat langsung hasil pengolahan Bank Sampah, yang saat ini masih dibawah kelola Pemerintah kota Banda Aceh.

Selanjutnya, rombongan bertolak ke UPTD Blang Bintang Aceh Besar, untuk melihat langsung lokasi pembuangan sampah tersebut.

Plt Kepala Dinas DLHK3 kota Banda Aceh Jalaluddin menyebutkan, saat ini masih kurang nya peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan sampah yakni buldozernya.

“Buldozer yang ada, kapasitasnya masih terlalu kecil yakni hanya satu unit, dan itu perlu ditambah, selain itu akses jalan yang belum di aspal” kata Jalaluddin.

“Karena, apabila hujan jalan masuk ke lokasi agak susah, berlumpur dan tidak bisa menjangkau ke lokasi tempat pembuangan tersebut” tambah Jalaluddin.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRK Banda Aceh menyebutkan, agar Bank Sampah yang ada di Panteriek dapat berfungsi seperti yang kita harapkan.

“Walaupun masih ada kekurangan di sistem pengelolaanya yang perlu kita tinjau kembali, inikan mau diberikan kepada pihak ketiga, namum masih kebentur dengan regulasinya” sebut Mahyiddin Aly.

Terkait masih kurangnya alat Buldozer, Mahyiddin Aly menjelaskan, itu ranahnya provinsi dan bukan ranahnya kota Banda Aceh.

“Banda Aceh, hanya membuang sampah kesana, dan Banda Aceh saat ini sudah mempunyai 2 alat berat” ujar Ketua Komisi C.

Selain itu, Mahyiddin Aly juga berharap  agar Adipura untuk kota Banda Aceh  bisa raih kembali dan itu butuh kerjasama seluruh pihak. tutup Ketua Komisi C [Van]

Komisi C DPRK Banda Aceh, Tinjau Bank Sampah dan UPTD Blang Bintang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *