Banda Aceh – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar, mengajak para jamaah Tarawih agar senantiasa meningkatkan interaksi dan memuliakan Al-Quran selama bulan Ramadan. Hal ini disampaikan Farid Nyak Umar saat menyampaikan ceramah Tarawih di Masjid Al Badar, Gampong Kota Baru, Kecamatan Kuta Alam, Jumat (15/03/2024).

Farid menuturkan, Ramadan menjadi istimewa karena Allah Swt menurunkan Al-Qur’an dalam bulan tersebut kepada Rasulullah Muhammad Saw sebagai petunjuk bagi manusia dan menjadi pembeda antara yang benar dengan yang batil (QS. Al-Baqarah ayat 186).

Sungguh kata Farid, jika manusia berpegang teguh pada Al-Qur’an maka tidak akan terombang-ambing dalam kehidupan, sebab Al-Qur’an menjadi petunjuk yang memberikan arah dan panduan agar sukses menjalani kehidupan di dunia ini.

“Tidak boleh ada keraguan terhadap Al-Qur’an, karena Allah yang menurunkan Al-Qur’an dan akan menjaganya hingga akhir zaman untuk kebahagiaan hidup kita di dunia dan akhirat,” kata Farid sambil mengutip surah Al-Hijr ayat 9.

Begitupun Allah telah memuliakan manusia dengan Al-Aur’an, sebagaimana firman Allah dalam surah Al-Anbiya ayat 10, “Sungguh Kami telah menurunkan kepadamu sebuah Kitab (Al-Qur’an) yang di dalamnya terdapat peringatan bagimu. Apakah kamu tidak mengerti?”

Dengan hadirnya Al-Qur’an maka manusia memperoleh keberkahan dan mendapatkan ketenangan dalam hidupnya. Karena apa pun yang berhubungan dengan Al-Qur’an akan dimuliakan oleh Allah Swt.

Karena itu melalui kesempatan itu Farid mengajak para jamaah untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas kedekatan dengan Al-Qur’an. Bahkan perlu memiliki tekad agar interaksi dengan Al-Qur’an pada Ramadan tahun ini harus lebih baik dari tahun yang lalu.

“Kalau kita ingin mendapatkan kemuliaan dan meraih keberkahan Ramadan, maka kita harus memuliakan Al-Qur’an dengan senantiasa membacanya, menadaburinya, mengkaji dan yang paling penting mengamalkan isi Al-Qur’an. Targetnya selesai Ramadan maka kita menjadi sahabat Al-Qur’an,” tutup Ketua DPD PKS Banda Aceh itu.[]

Raih Keberkahan Ramadan dengan Memuliakan Al-Qur’an
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *