Banda Aceh–Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota Banda Aceh, Farid Nyak Umar, menyampaikan sangat merugi orang-orang Islam yang mencari kemuliaan di luar Islam. Karena sesungguhnya tidak ada kemuliaan di luar Islam dan umat Islam merupakan umat yang paling mulia diutuskan Allah di atas bumi ini.

Hal tersebut disampaikan Farid Nyak Umar saat mengisi ceramah usai salat Zuhur di Masjid Al-Muttaqin, Gampong Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Senin (25/03/2024).

Farid mengutip isi ayat Al-Quran dalam surah Ali Imran yang berbunyi, “Kamu adalah umat terbaik yang Allah lahirkan di kalangan manusia, mengajak mengerjakan yang makruf, berbuat kebaikan, mencegah perbuatan mungkar, dan mereka beriman kepada Allah.”

“Maka sadar atau tidak kita telah dipilih oleh Allah Swt menjadi umat yang terbaik. Oleh karena itu, siapa pun yang mencari kemuliaan di luar Islam maka sungguh dia tidak akan menemukan kemuliaan dan kebahagiaan itu. Yang mereka dapatkan di luar Islam hanyalah penyesalan dan kerugian,” ucap Farid.

Farid juga menjelaskan, sebagaimana disampaikan sahabat Nabi, Umar bin Khathab, bahwa sesungguhnya kita adalah umat yang Allah muliakan dengan Islam, ketika kita mencari kemuliaan bukan dengan Islam maka akan membuat kita menjadi hina.

“Karena Allah telah mencukupkan kemuliaan itu dengan kita menjadi seorang muslim, syariat yang sempurna, akhlak utama, dan Allah akan mencukupkan kebutuhan dunia dan akhirat, tidak ada pentunjuk bagi kita selain dengan masuk ke dalam Islam,” ujarnya.

Farid juga menukil firman Allah dalam Q.S. Taha ayat 123 yang artinya: Barang siapa yang mencari pentunjukku ia tidak akan tersesat, dan tidak akan celaka. Dalam ayat ini Allah menegaskan kalau ingin mendapatkan kebahagiaan dan tidak mau celaka, maka pentunjuk itu hanya didapatkan dari Islam tidak dari yang lainnya.

“Turunlah kamu semua dari surga! Kemudian jika benar-benar datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa mengikuti petunjuk-Ku, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati,” kata Farid menguti arti Q.S. Al-Baqarah ayat 38.

Karena itu kata Farid sesungguhnya menjadi seorang muslim itu merupakan nikmat yang tiada tara yang Allah Swt berikan. Umat yang telah Allah berikan kejayaan dengan Islam, maka jika kita mencari kejayaan dengan selain Islam, Allah akan memberikan kehinaan.

“Sesungguhnya kita harus merasa bangga karena dilahirkan sebagai seorang muslim, merasa mulia dengan Islam. Karena itu, mari kita menjalankan segala perintah Allah Swt dan menjauhi segala laranggannya,” tutup Farid Nyak Umar.[]

Meraih Kemuliaan Bersama Islam
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *