Banda Aceh – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar menyampaikan, hidayah terbesar bagi seorang manusia yaitu iman. Artinya dengan keimanan tersebut maka seseorang akan memperoleh kemuliaan dan keselamatan dalam hidupnya, baik dunia maupun akhirat. Karena ia berkomitmen dengan ajaran Islam, serta menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupannya (minhajul hayah).

“Islam merupakan agama yang bersumber dari Allah Swt. yang disampaikan melalui Rasulullah Saw untuk mengajak umat manusia menggapai kemaslahatan baik di dunia maupun di akhirat. Sebab kemuliaan itu hanya didapatkan bersama Islam, dimana Al-Qur’an kita jadikan panduan dalam kehidupan kita sebagai seorang muslim,” kata Farid saat mengisi khutbah Jum’at di Masjid Al-Mukarramah Gampong Mulia, Jumat (19/1/2024).

Ketika seseorang berpegang teguh dengan Islam lanjut Farid, mereka akan menjadi khairu ummah (umat terbaik) dari umat-umat yang lain. Karena ia meyakini bahwa Islam merupakan agama yang komprehensif (syumul) yang mengatur seluruh sendi kehidupan, sehingga ia akan hidup mulia dalam naungan Islam.

Farid menambahkan, kemuliaan seorang muslim itu sebagaimana digambarkan oleh Khalifah Umar bin Khattab ra dengan penuh ketegasan lewat hadits Nabi Saw, “Dahulu kami adalah bangsa yang hina, kemudian Allah muliakan kami dengan Islam. Jika sekarang kami mencari kemuliaan dengan selain Islam, niscaya Allah akan menghinakan kami kembali” (HR. Hakim).

“Hanya dengan Islamlah kemuliaan itu bisa diraih dan didapatkan. Karena Allah Swt akan mengangkat derajat orang yang benar-benar beriman. Jadi hidup mulia bersama Islam,” kata Farid.

Dalam surat Ali Imran ayat 19, Allah Swt juga berfirman yang artinya; sesungguhnya agama yang diridhai Allah Swt. adalah agama Islam. Oleh karenanya sebagai manusia yang terlahir dalam Islam, baik itu di lingkungan, di daerah maupun negaranya, maka seseorang tersebut patut bersyukur karena Allah Swt. telah menuntun jalan hidupnya menuju kepada keselamatan.

“Dalam Surat Ali-‘Imran ayat 85 Allah Swt. juga mengingatkan, jika ada orang-orang yang mencari agama selain Islam, maka ia termasuk kepada orang-orang yang merugi,” ujar Farid di hadapan ribuan jamaah Jum’at.

Islam sebagai agama representatif yang menjamin keselamatan bagi umat manusia juga pernah diutarakan oleh Rasulullah Saw dalam sabda yang artinya; “Islam merupakan agama paling tinggi dan tidak ada yang lebih tinggi selain Islam”.

Oleh karenanya, Farid mengajak para jamaah untuk selalu menjaga anugerah dan keimanan yang telah Allah Swt berikan tersebut, yakni dengan mengaplikasikan nilai-nilai dalam setiap sendi kehidupan, baik dalam ibadah, muamalah, hubungan sosial sesama muslim.

“Tidak ada keraguan pada Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi orang yang bertaqwa, dimana Allah Swt langsung menjamin kemurnian dan keaslian Al-Qur’an hingga akhir zaman. Ini sebagaimana Allah abadikan dalam Surat Al-Hijir ayat 9, sesungguhnya kamilah yang menurutkan Al-Qur’an, dan pasti Kami yang menjaganya,” tutup Farid Nyak Umar.

Khutbah di Masjid Al-Mukarramah, Ketua DPRK: Kita Mulia Karena Islam
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *