Banda Aceh–Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota Banda Aceh, Farid Nyak Umar, mengajak umat Islam untuk memperbanyak sedekah di bulan suci Ramadan karena pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah Swt.

Farid menjelaskan, salah satu sedekah yang sangat baik di bulan Ramadan adalah memberikan makanan atau minuman kepada orang yang berpuasa. Hal ini sebagaimana hadis Rasulullah “Barang siapa yang memberikan makanan atau minuman ketika berbuka puasa kepada saudaranya maka akan mendapatkan balasan pahala sebagaimana orang yang berpuasa”.

“Ini dapat memotivasi kita agar di bulan Ramadan itu berbagi, khususnya kepada saudara kita yang menjalankan ibadah puasa,” kata Farid Nyak Umar saat mengisi ceramah Tarawih di Masjid Al-Fitrah Asrama PHB Lampriek, Kecamatan Kuta Alam, Jumat (22/03/2024).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini juga menyampaikan lima keutamaan bersedekah, di antaranya, Allah akan membalas dengan pahala dan harta yang berlipat ganda bagi mereka yang bersedekah. Hal ini kata Farid, telah Allah janjikan dalam Q.S. Al Hadid: 18 yang artinya, “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.”

“Dalam hal ini Allah Swt berjanji bahwa siapa pun yang melakukan amalan kebaikan dengan melakukan sedekah maka akan ia lipatgandakan pahala kebaikannya,” sebut Farid.

Keutamaan sedekah yang kedua dapat memanjangkan usia dan mencegah kematian buruk. Maksudnya ialah amalan kebaikan dari orang yang bersedekah ini akan terus dikenang melebihi umur hidup mereka di dunia seperti yang disabdakan Rasulullah Saw melalui H.R. Thabrani.

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.”

Ketiga, keutamaan sedekah sebagai penghapus dosa. Bagi orang yang banyak bersedekah, maka ia seperti air yang memadamkan api. Dosa-dosanya dihapuskan dengan pahala kebaikan yang berlimpah dari amalan sedekah. Rasulullah Saw bersabda: “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (H.R. At-Tirmidzi)

“Maka jangan pernah ragu dan menolak untuk bersedekah. Kita juga tidak pernah tahu, berapa besar dosa-dosa yang kita miliki. Untuk itulah, sedekah bisa menjadi salah satu amalan yang harus konsisten kita lakukan,” ajak Farid.

Kemudian sedekah dapat menjauhkan diri dari api neraka. Farid Nyak Umar menjelaskan sebagaimana sedekah bisa menghapus dosa-dosa, mendapat pahala yang berlipat ganda juga bisa menjauhkan diri kita agar tidak masuk ke dalam neraka Jahanam. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw, “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma.”(Muttafaqun ‘alaih)

Kelima, mendapat naungan di hari kiamat. Saat kelak di Padang Mahsyar setiap manusia akan menunggu giliran untuk diadili dari timbangan amal baik dan buruknya. Bisa dibayangkan berapa lama manusia akan menunggu dan merasakan panasnya terik matahari yang sangat dekat dengan kepala. Maka, dijelaskanlah dalam hadis Rasulullah Saw bahwasannya yang menjadikan naungan umat manusia di hari kiamat nanti adalah amalan sedekahnya. “Naungan orang beriman di hari Kiamat adalah sedekahnya.”(H.R. Ahmad).

“Semoga dengan mengetahui fadilah atau keutamaan kebaikan bersedekah ini akan memotivasi, mendorong kita sehingga senantiasa kita berlomba-lomba bersedekah. Tidak mesti banyak yang penting ikhlas. Namun, lebih baik banyak dan iklas,” tutup Farid Nyak Umar.[]

Meraih Keutamaan Bersedekah Selama Ramadan
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *