BANDA ACEH–Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh meninjau perkembangan renovasi pusat perbelanjaan Suzuya Mal di Jalan Teuku Umar  yang rencananya akan dibuka kembali pada Kamis, 18 Januari 2024.

Ketua Komisi III, Irwansyah ST, mengatakan, re-opening Suzuya Mal sebagai pusat perbelanjaan moderen di ibu kota Provinsi Aceh tersebut telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Aceh, khususnya warga Banda Aceh. Sebelumnya Suzuya Mal mengalami musibah kebakaran menjelang Ramadan pada 2022 lalu. Setelah sekian lama terbengkalai, pihak manajemen termasuk Pemko Banda Aceh mengambil kebijakan agar mal tersebut direnovasi kembali.

“Sebagai wakil rakyat Kota Banda Aceh, kami mengapresiasi atas dibukanya kembali Suzuya Mal,” kata Irwansyah di lokasi, Rabu, 17 Januari 2024.

Politisi PKS ini juga mengatakan, kehadiran Suzuya Mal di Jalan Teuku Umar dapat memicu perputaran ekonomi masyarakat Aceh, terutama berdampak terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) melalui pajak dan retribusi. Kehadirannya akan melengkapi beberapa pusat perbelanjaan modern yang ada di Banda Aceh. Dengan begitu, peredaran uang terjadi di Banda Aceh, ibu kota Provinsi Aceh.

“Kita berharap banyak lagi mal yang hadir di Aceh agar perputaran uang masyarakat tidak mengalir ke luar daerah Aceh. Biar di Aceh dan Banda Aceh mereka berbelanja,” ujarnya.

Irwansyah juga menyampaikan apresiasi kepada pihak mal yang telah menyediakan sarana berupa support system dan tingkat keamanan lainnya, salah satunya water hydrant yang aktif, jalur evakuasi keselamatan, keamanan dan kesehatan kerja (K3) bagi pekerja dan juga pengunjung. Begitu juga fasilitas tempat ibadah (musala) yang pernah dikeluhkan sebelumnya, tetapi kini sudah diperbaiki dengan hasil yang representatif dan maksimal.

Sementara itu, anggota Komisi III, Bunyamin, yang juga turut meninjau menilai renovasi kali ini lebih bagus dan mengutamakan kenyamanan pengunjung, apalagi dengan perbaikan fasilitas demi kenyamanan pengunjung.

“Renovasi kali ini terkesan mewah dan familier sebagai pusat perbelanjaan dan nyaman bagi pengunjung dibanding sebelumnya,” ujarnya.

Dalam peninjauan tersebut juga hadir Sekretaris Komisi III, Teungku Januar Hasan, dan anggota Komisi III, Bunyamin.

Sementara itu, Regional Manager Suzuya Wilayah Aceh, Neli Marlina, menyampaikan terima kasih kepada Pemko dan DPRK Banda Aceh yang telah memberikan dukungan bagi Suzuya Mal untuk kembali melayani masyarakat Banda Aceh.

“Harapannya dengan dibukanya kembali Suzuya Mal ini masyarakat Aceh khususnya Banda Aceh dapat diberikan kemudahan dan berkontribusi lebih dalam berbelanja,” katanya.[]

Komisi III DPRK Banda Aceh Tinjau Kesiapan Reopening Suzuya Mal Aceh
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *