Banda Aceh – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar menyerahkan Alat Permainan Edukatif (APE) kepada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)/ Taman Kanak-kanak (TK) se-Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh pada penyerahan yang dipusatkan di kantor Keuchik Gampong Lampulo, Sabtu (16/12/2023).

Disela-sela menyerahkan bantuan Farid Nyak Umar menyampaikan APE tersebut merupakan hasil advokasi dari reses yang ia lakukan bersama PAUD/TK kecamatan Kuta Alam yang selanjutnya dialokasikan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh.

Farid berharap dengan adanya bantuan APE dapat meningkatkan semangat bagi anak-anak untuk belajar dan bermain, memperkaya pengetahuan, menghilangkan kejenuhan, serta membantu mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak.

“Dunia anak adalah dunia bermain, sebab bermain merupakan kebutuhan pokok bagi anak usia dini yang akan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan,” ujar Farid.

Menurutnya APE ini dirancang khusus untuk keperluan pendidikan sehingga memberikan pengalaman baru bagi anak yang dapat mengembangkan aspek enam aspek perkembangan anak.

“Menjadi tugas untuk membuat anak merasa senang dan nyaman dalam bermain, dan APE merupakan salah satu media belajar bagi anak yang dapat menstimulasi aspek motorik, kognitif, dan aspek lainnya,” kata Farid yang juga Ketua DPD PKS Banda Aceh.

Farid menambahkan bahwa pada awalnya ia berharap  semua SPS atau PAUD di 11 gampong dalam wilayah kecamatan Kuta Alam mendapatkan bantuan APE.

Namun ada beberapa PAUD yang belum memenuhi persyaratan, diantaranya karena belum terdaftar dalam Data Pokok Kependidikan (Dapodik) berdasarkan data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh.

“Karena itu kami meminta agar segera dilengkapi syarat – syarat ini supaya tahun depan bisa diadvokasi dan bisa dibantu,” kata Farid Nyak Umar.

Kabid PAUD dan PNF Disdikbud Banda Aceh,  Sabri menyampaikan terimakasih kepada Ketua DPRK yang telah melakukan advokasi untuk mendukung pengadaan APE pembelajaran untuk PAUD, TK dan SPS kecamatan Kuta Alam.

“Kami berharap ke depan lebih fokus pada penyediaan APE dalam rangka mensukseskan program transisi PAUD-SD yang menyenangkan,” ujarnya.

Sementara Bunda PAUD Kecamatan Kuta Alam
Tri Suci Apriyenny menyampaikan apresiasi atas bantuan APE tersebut kepada PAUD dan TK sehingga akan memudahkan para guru dalam mendampingi dan bermain bersama anak didik.

“Kami juga berharap kedepan PAUD dan TK yang ada di gampong lainnya juga mendapatkan bantuan APE ini,” tuturnya.

Sementara Ketua HIMPAUDI Kecamatan Kuta Alam, Irma Julita sangat bersyukur atas bantuan APE tersebut karena akan sangat membantu dalam menunjang pembelajaran anak yang kreatif dan menyenangkan.[]

Ketua DPRK Serahkan APE untuk PAUD/TK Se-Kecamatan Kuta Alam
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *