BANDA ACEH–Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh , Farid Nyak Umar, bersama Kadis Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman, menyerahkan tiga unit ambulans jenazah untuk tiga gampong dalam wilayah Kecamatan Kuta Alam. Penyerahan itu dilakukan di kantor Dinkes Kota Banda Aceh, Gampong Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Rabu (10/1/2024).

Adapun tiga gampong yang menerima ambulans dari Pemerintah Kota Banda Aceh tersebut, yaitu Gampong Laksana, Gampong Lamdingin, dan Gampong Lampulo. Hibah ambulans untuk gampong diterima oleh para Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) yang terdiri atas Ketua BKM Al Huda Gampong Laksana, Tgk. Yuslimar, Ketua BKM Al Abrar Gampong Lamdingin, Waled Abdul Muthalib, dan Ketua BKM Al Hidayah Gampong Lampulo, Masykur.

Turut hadir dalam acara tersebut Keuchik Gampong Lampulo, Alta Zaini, Keuchik Gampong Laksana, Zayyan Muttaqin, dan Keuchik Gampong Lamdingin, Zacky, serta pejabat dari Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh.

Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, mengatakan, ambulans tersebut merupakan hasil advokasi yang ia lakukan setelah mendengarkan aspirasi dari masyarakat pada kegiatan reses yang dilakukannya pada tahun 2022 di tiga gampong.

Reses merupakan wadah atau forum menampung aspirasi masyarakat yang disampaikan ke dewan saat turun ke daerah pemilihan. Hasil reses selanjutnya disampaikan kepada pimpinan DPRK, kemudian diteruskan kepada Pj Wali Kota Banda Aceh dalam rapat paripurna DPRK yang dihadiri oleh anggota dewan kota dan pimpinan OPD.

“Jadi, ambulans yang diserahkan pada hari ini merupakan realisasi dari aspirasi masyarakat yang telah kita advokasi dan kemudian dialokasikan oleh Pemko Banda Aceh pada Dinas Kesehatan. Ambulans ini untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, semoga dapat dimanfaatkan dan memudahkan warga mendapatkan layanan kesehatan yang baik,” kata Farid.

Ketua DPD PKS Banda Aceh ini menambahkan, dengan adanya ambulans itu juga dapat memudahkan warga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang selama ini kurang dapat dijangkau atau berlokasi jauh. Terlebih sebagian besar lokasi perkuburan warga di Kecamatan Kuta Alam berada di wilayah Aceh Besar.

Ambulans ini kata Farid, nanti dapat dioptimalkan penggunaannya oleh setiap gampong agar memberikan manfaat yang besar untuk kepentingan sosial kemasyarakatan serta tanggap darurat. Farid menambahkan, bahwa ia juga akan mengadvokasi dua ambulans lagi untuk Gampong Kuta Alam dan Gampong Mulia, yang sudah dialokasikan dalam APBK Tahun 2024 pada Dinas Kesehatan kota Banda Aceh.

“Kita berharap ambulans ini memberikan manfaat yang besar untuk kepentingan warga serta untuk kegawatdaruratan. Insya Allah untuk tahun 2024 akan kita advokasi untuk Gampong Kuta Alam dan Gampong Mulia, ” ujar Farid.

Hal senada juga disampaikan Kadis Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman, ia mengatakan, salah satu kontribusi ambulans ini yakni untuk melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan seperti kepentingan pelayanan jenazah serta kebutuhan kesehatan yang dilayani oleh tenaga kesehatan.

“Semoga kontribusi ambulans yang diadvokasi oleh Ketua DPRK Banda Aceh dapat dimanfaatkan oleh warga untuk meningkatkan pelayanan kesehatan sekaligus untuk tanggap darurat dan sebagainya,” pungkas Lukman.[]

Ketua DPRK Banda Aceh Realisasikan Ambulans untuk Tiga Gampong
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *