Banda Aceh – Dewan Perwakilan Rakyat Kota Banda Aceh berkomitmen mendukung penguatan terhadap program transisi pendidikan anak usia dini (PAUD) dan sekolah dasar (SD) yang menyenangkan.

Hal itu disampaikan Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, usai menerima kedatangan Bunda PAUD Kota Banda Aceh, Wardiati, di ruang kerjanya, serta saat memimpin rapat paripurna DPRK Banda Aceh dengan agenda penyampaian RKUA-PPAS Perubahan APBK Banda Aceh Tahun 2023, Senin (4/9/2023).

Farid mengatakan, transisi PAUD ini merupakan gerakan atau program yang sejalan dengan program di tingkat nasional. Program tersebut bertujuan untuk membangun kemampuan anak secara bertahap dengan cara yang menyenangkan agar pembelajaran setiap anak bisa dicapai. Para peserta transisi merupakan anak didik PAUD yang akan belajar ke tingkat SD.

Oleh karenanya, program penguatan transisi PAUD-SD kata Farid diharapkan bisa menjadi pembeda pada berbagai kegiatan di satuan pendidikan. Salah satunya pendidikan SD tidak perlu lagi melakukan tes baca, tulis, dan hitung (calistung) sebagai cara penerimaan peserta didik baru.

“Anak usia dini di PAUD membutuhkan dukungan untuk membantu mereka beradaptasi di sekolah yang tentu saja berbeda dengan lingkup PAUD yang mereka tempuh sebelumnya,” katanya.

Oleh karenanya, DPRK Banda Aceh siap menyukseskan program tersebut, termasuk berkolaborasi dan mendukung program pemerintah khususnya bidang pendidikan usia dini.

“Dari segi regulasi dan penganggaran kita bersama Pemko terus memberi dukungan agar terlaksananya program ini berjalan dengan baik,” tutur Farid yang juga Ketua DPD PKS Banda Aceh ini.

Turut hadir mendampingi Bunda PAUD, Wardiati, yang juga istri Pj Wali Kota Banda Aceh, yaitu Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota, Sulaiman Bakri, Kabid PAUD-SD Disdikbud, Sabri, Kabid SMP Disdikbud, Jailani, Ketua Pokja Bunda PAUD, perwakilan dari Dinkes dan Dinas P3A2KB Kota Banda Aceh. Hadir juga Sekretaris DPRK, Tharmizi, dan kabag pada Sekretariat DPRK, Muslim dan Maulidar.[]

DPRK Banda Aceh Dukung Penguatan Transisi PAUD-SD bagi Usia Dini
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *