Renungan suci di Taman Makam Pahlawan Banda Aceh Minggu dini hari, 17 Agustus 2020.

Banda Aceh – Renungan Suci dan Apel Kehormatan terhadap arwah pahlawan di Taman Makam Pahlawan Banda Aceh tepat pukul 00.00 WIB diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan, Minggu dini hari (17/8/2020).

Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hassanuddin, selaku Inspektur Upacara, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Aceh serta Wali Kota Banda Aceh, Wakil Ketua I DPRK Banda Aceh dan seluruh peserta mengenakan masker dan menjaga jarak.

Selain itu, jumlah peserta renungan suci juga dibatasi. Jika pada tahun sebelumnya para pelajar tingkat SMA dan Pramuka serta organisasi kepemudaan juga menjadi peserta, tahun ini, hanya terdiri atas unsur TNI dan Polri. Dari kalangan sipil hanya diwakili oleh anggota Korps Pegawai Republik Indonesia.

Di TMP Banda Aceh bersemayam sebanyak 400 jasad pahlawan, yang terdiri atas Angkatan Bersenjata 384 orang, Pegawai Sipil 4 orang, Pejuang Rakyat 7 orang, Pahlawan Tak Dikenal 5 orang.

Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hassanuddin bertindak sebagai Inspektur Upacara. Acara diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang telah gugur. Selanjutnya, Pangdam membacakan naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

“Kami yang hadir pada hari ini, Senin tanggal 17 Agustus 2020, pukul 00.00 Wib. Pada upacara untuk memperingati akan jasa-jasa pahlawan, Angkatan bersenjata 384 orang, Pegawai Sipil 4 orang, Pejuang Rakyat 7 orang, Pahlawan Tak Dikenal 5 orang Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan, dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa. Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami juga dan jalan kebaktian yang saudara tempuh, adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa, semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa dan mendapat tempat yang sewajarnya,” ujar Pangdam.[]

Renungan Suci Peringatan HUT RI Terapkan Protokol Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *