Banda Aceh–Pemerintah Kota Banda Aceh menyerahkan donasi sebesar Rp850 juta untuk rakyat Palestina melalui Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) yang diterima oleh Sekretaris KNRP Provinsi Aceh, Emil Salim. Donasi tersebut diserahkan langsung oleh Penjabat Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, disaksikan oleh Ketua KNRP Banda Aceh, Farid Nyak Umar, Pj Sekda Kota, Wahyudi, serta pejabat pemko lainnya di Pendopo Wali Kota Banda Aceh, Rabu (06/12/23).

Dana tersebut berasal dari penggalangan yang dilakukan pada pegawai OPD, para guru dan siswa di sekolah-sekolah, serta masyarakat Banda Aceh yang dikoordinasikan oleh para keuchik.

Farid Nyak Umar yang juga Ketua DPRK Banda Aceh menyampaikan terima kasih kepada Pemko yang telah menggalang dana dari aparatur pemerintah dan masyarakat Banda Aceh untuk membantu rakyat Palestina yang sedang dijajah oleh Zionis Israel.

Adanya donasi tersebut menunjukkan bahwa Banda Aceh sangat peduli dengan kondisi warga muslim Palestina yang terus dibombardir, dibunuh, dan mengalami pembersihan etnis (genosida) oleh tentara Israel.

Farid menambahkan, pascagencatan senjata, gempuran yang dilakukan oleh penjajah Israel semakin brutal. Hingga 5 Desember 2023 jumlah rakyat Palestina yang meninggal mencapai 16.248 jiwa, dan 60% nya merupakan anak-anak dan perempuan.

“Sebagai seorang muslim dan juga bagian dari masyarakat dunia, tentu kita bisa merasakan kepedihan yang dialami saudara kita di Gaza, Palestina. Insyaallah KNRP akan segera menyalurkan kepada masyarakat di sana, dan kita doakan penjajahan terhadap negara Palestina segera berakhir. Semoga Allah berikan keberkahan kepada Kota Banda Aceh,” kata Farid.

Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin, menyampaikan bahwa pemerintah kota sangat berempati dengan penderitaan rakyat Palestina sehingga dirinya segera menginstruksikan pengumpulan donasi dari setiap OPD, sekolah, dan warga kota sehingga berhasil terkumpul sebesar Rp850 juta.

“Semoga donasi ini dapat segera disalurkan dan dapat membantu meringankan beban saudara kita yang ada Palestina. Kami sangat prihatin, dan ke depan kita terus menggalang dana untuk masyarakat Palestina,” kata Amiruddin di sela-sela penyerahan donasi.

Turut hadir dalam penyerahan donasi tersebut Asisten II Setda kota, Jalaluddin, Asisten III, Faisal, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Sulaiman Bakri, Kabag Umum Setda kota, Fahrul serta jajaran pengurus KNRP.[]

Pemko Serahkan Donasi untuk Palestina Sebesar Rp850 Juta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *