Banda Aceh – Sekretaris Komisi IV DPRK Banda Aceh, Sofyan Helmi, SE meminta masyarakat agar selalu mengutamakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 saat melakukan setiap aktivitas di pusat-pusat keramaian atau ruang publik, Rabu (20/05/2020).

Hal tersebut disampaikan Sofyan, mengingat di pengujung Ramadan ini masyarakat sudah mulai membayar zakat fitrah dan akan melakukan salat Idulfitri.

“Bagi panitia zakat fitrah nantinya pun, mereka harus mengutamakan protokol kesehatan, artinya ketika mereka melakukan pembagian beras harus memakai APD yang memadai, seperti masker dan kebiasaan mencuci tangan,” kata Sofyan.

Sofyan mengatakan, hal ini perlu menjadi perhatian bersama sebab pandemi Covid-19 masih belum mereda. Di sisi lain, intensitas warga di ruang publik juga semakin meningkat yang disebabkan oleh berbagai keperluan, salah satunya untuk membayar zakat. Dengan begitu, protokol kesehatan mengenai pencegahan Covid-19 tak boleh diabaikan.

Terkait mekanisme salat Idulfitri Sofyan menjelaskan, saat ini belum mendapatkan arahan dari Pemerintah Kota Banda Aceh bagaimana mekanisme pelaksanan salat Id di tengah pandemi. Selama ini kata Sofyan, ibadah-ibadah lain seperti salat Tarawih tetap dilakukan di semua gampong yang ada di Kota Banda Aceh dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti jamaah memakai masker dan menjaga kebersihan lantai tempat ibadah yang paling utama.

“Kita tetap menyosialisasikan kepada masyarakat baik yang akan menghadapi pembagian zakat fitrah ataupun yang akan melaksanakan salat Id nantinya semua harus utamakan protokol kesehatan,” ujar legislator Fraksi PAN itu.[]

Related Posts
Masyarakat Diminta Utamakan Protokol Kesehatan saat Membayar Zakat Fitrah dan Salat Id
Tagged on:     

One thought on “Masyarakat Diminta Utamakan Protokol Kesehatan saat Membayar Zakat Fitrah dan Salat Id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *