Banda Aceh – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banda Aceh di Jalan Teuku Nyak Arif, Gampong Peurada, Kecamatan Syiah Kuala, Jumat (18/06/2021).

Kunjungan ke mitra kerja ini dipimpin oleh Ketua Komisi III Teuku Arief Khalifah dan disambut langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh, Muzakir Tulot, beserta jajaran. Turut hadir dalam kunjungan itu, Wakil Ketua Komisi III Ismawardi, serta anggota Komisi III Bunyamin dan Royes Ruslan.

Dalam kunjungan kerja itu, tim Komisi III juga menyempatkan memantau Room Command Center Area Traffic Control System (ATCS) Dishub Kota Banda Aceh. Dari ruang ini anggota dewan dapat melihat langsung situasi lalu lintas dalam kawasan Kota Banda Aceh.

Pada kesempatan itu Teuku Arief Khalifah menyampaikan, kunjungan itu dilakukan dalam rangka melihat kegiatan pertanggungjawaban anggaran tahun 2020. Pihaknya ingin melihat ruang kontrol atau control room dari Dinas Perhubungan terkait pengaturan sistem lalu lintas di Kota Banda Aceh.

“Hasil tinjauannya, alhamdulillah sekali Banda Aceh sudah mendapatkan anggaran kurang lebih Rp10 miliar dari Balai Transportasi Darat di Kementerian Perhubungan,” kata Teuku Arief Khalifah di sela-sela kunjungan itu.

Dalam hal ini pihaknya juga menyampaikan terima kasih atas perhatian Kementerian Perhubungan kepada Pemerintah Kota Banda Aceh yang sudah membantu melalui sistem ATCS sehingga akan lebih dalam mengawasi kelancaran lalu lintas di Kota Banda Aceh.

“Ke depan kita harapkan Dinas Perhubungan ini bisa melahirkan gagasan atau pemikiran-pemikiran atau kegiatan yang memudahkan masyarakat terutama sekali dalam berlalu lintas,” ujar politisi Gerindra itu.

Dalam kunjungan itu kata Teuku Arief Khalifah, pihaknya juga melihat masih terdapat kekurangan-kekurangan, sebagai mitra kerja Komisi III akan menyampaikan kekurangan tersebut kepada Pemerintah Kota Banda Aceh untuk kembali mendukung terutama dari sisi anggaran sehingga layanan berjalan dengan baik.

Sementara itu, Hikmad Hidayat dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah I Provinsi Aceh mengatakan, ATCS merupakan program kerja sama atau kolaborasi dan sinergisitas antara proyek APBN dan Pemko Banda Aceh. Ia mengharapkan kegiatan ATCS ini menjadi pemacu dari pemerintah pusat kepada daerah sehingga diharapkan pemerintah kota terus melanjutkan program ini.

Usai melakukan kunker ke Dishub, Tim Komisi III juga meninjau Kegiatan Revitalisasi Pemipaan PDAM di Jalan Pendidikan, Gampong Baro, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh.[]

Komisi III Tinjau Ruang Kontrol Sistem Lalu Lintas Dinas Perhubungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *