Banda Aceh—Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar, menjelaskan tentang keutamaan dan keistimewaan yang didapatkan oleh mereka yang gemar salat Subuh berjamaah. Namun, dibandingkan salat lainnya, mengerjakan salat Subuh berjamaah mempunyai tantangan yang lebih berat karena harus melawan kantuk. Hal tersebut ia sampaikan saat mengisi ceramah Subuh di Masjid Baiturrahmah, Gampong Keuramat, Kecamatan Kuta Alam, Selasa (26/3/2024).

Farid mengatakan, tidak sedikit umat Islam yang memilih untuk tidur hingga terbitnya matahari dan meninggalkan salat wajib Subuh. Padahal, Rasulullah saw mengkhususkan salat mulia ini dengan keistimewaan tunggal dan sifat-sifat tertentu yang tidak terulang pada salat lainnya.

“Salat Subuh merupakan salat yang sangat sulit dilakukan dan butuh pengorbanan, tapi dengan salat Subuh ini menyebabkan kita menuju syurga Allah Swt,” kata Farid Nyak Umar di hadapan jamaah salat Subuh.

Farid menjelaskan, Allah Swt akan memberikan keberkahaan kepada mereka yang salat Subuh berjamaah karena pada saat itu Allah menurunkan malaikat untuk menyaksikan para jamaah. Jika kebiasaan ini dilakukan secara konsisten maka akan mendapatkan rida Allah Swt.

Farid juga mengutip sabda Rasulullah saw yang berbunyi: Sesungguhnya salat Subuh dan Isya secara berjamaah di masjid sangat sulit dikerjakan oleh orang-orang munafik.

“Artinya, dengan menjalankan salat Subuh berjamaah, tepat waktu, dan khusyuk maka Allah akan melindungi kita dari sifat munafik. Kita ketahui munafik merupakan sifat yang akan membawa kita ke dalam neraka Jahanam,” ujar politisi PKS ini.

Lebih lanjut Farid menyampaikan, Allah mengubah apa yang terjadi di bumi ini di waktu subuh, banyak kejadian-kejadian besar terjadi di waktu subuh, karena itulah ia mengajak para jamaah agar jangan sampai tertidur pada waktu yang mulia ini.

Di samping itu, Allah Swt juga memberikan jaminan bagi orang yang salat Subuh berjamaah terbebas dari siksa api naraka Jahanam. Diriwayatkan dari Amarah bin Hurairah, “Saya mendengar Rasulullah Saw berkata tidak akan masuk neraka orang yang salat Subuh sebelum terbit matahari dan sebelum terbena matahari.” (H.R. Muslim)

Dalam hal ini Rasulullah saw bersabda: Barangsiapa yang salat Isya berjamaah maka seolah-olah dia telah salat malam selama separuh malam. Dan barang siapa yang menjalankan salat Subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah salatseluruh malamnya.” (H.R.Muslim)

Pada hadis yang lain dikisahkan Rasulullah saw membangunkan putrinya lalu berkata: Hai Fatimah, bangunlah dan saksikanlah rezeki dari Rabb-mu karena Allah akan membagi-bagikan rezeki-Nya kepada para hamba-Nya di antara salat Subuh dan terbit matahari.” (H.R.Baihaqi)

“Itulah keutamaan salat Subuh berjamaah, ketika kita menjalankan kita akan mendapatkan banyak keutamaan salah satunya dilancarkan rezeki oleh Allah,” tutur Farid Nyak Umar.[]

 

Keutamaan Salat Subuh Berjamaah: Terbebas dari Neraka Jahanam dan Dimudahkan Rezeki
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *