Banda Aceh – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar, menyerahkan secara simbolis bantuan kursi roda kepada sejumlah warga yang membutuhkan. Penyerahan berlangsung di Aula Dinas Sosial Kota Banda Aceh dan turut disaksikan Kadis Sosial Kota Banda Aceh, Hidayat, dan jajarannya, Kamis sore (18/11/2021).

Farid Nyak Umar dalam kesempatan itu menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa mengantarkan langsung kursi tersebut kepada para penerima ke kediaman mereka.

“Saya meminta maaf, seharusnya kursi ini diantarkan ke rumah agar jangan memberatkan Bapak Ibu datang ke tempat ini. Namun, karena keterbatasan waktu, mudah-mudahan ke depan nanti saya berkunjung langsung ke rumah Bapak Ibu, sehingga tidak memberatkan menunggu proses penyerahaan ini,” kata Farid.

Farid juga menjelaskan, bantuan itu bukan bersumber dari uang pribadinya, melainkan dari dana yang dianggarkan Pemerintah Kota Banda Aceh yang notabenenya merupakan dana masyarakat. Dalam hal ini fungsi DPRK merupakan penyalur aspirasi masyarakat.

“Jadi ada masyarakat yang menyampaikan bantuan kursi roda, baik itu melalui dinas, sehingga kemudian saya mengadvokasi untuk dianggarkan melalui dana pokir, kemudian diberikan kursi roda ini melalui dinas dan dibagikan hari ini,” sebut Farid.

Farid menegaskan, DPRK tidak mengelola anggaran, tapi ini bantuan pemerintah melalui program pokok pikiran atau pokir dewan. Dari jumlahnya kata dia memang belum memadai sesuai kebutuha, tetapi ke depan akan terus ditingkatkan. Ia berharap bantuan kursi roda itu bisa benar-benar bermanfaat bagi warga yang membutuhkan.

Hal serupa juga disampaikan Kepala Dinas Sosial Banda Aceh, Hidayat. Pada tahun ini pihaknya memberikan sepuluh unit kursi roda kepada masyarakat. Angka ini menurutnya masih belum mengakomodasi semua permintaan karena banyaknya permohonan kursi roda.

“Tentu bantuan ini belum mencukupi karena setiap tahunnya banyak masyarakat kita yang mengajukan permohonan kursi roda yaitu sekitar antara dua puluh sampai tiga puluh, ke depan kami akan terus meningkatkan ini,” kata Hidayat.

Salah seorang keluarga penerima dari Kecamatan Kuta Alam, Mukhlas Syah, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota dan DPRK Banda Aceh yang telah memberikan bantuan tersebut.

“Ini sangat bermanfaat bagi keluarga kami, dengan adanya bantuan seperti ini tentu akan sangat memudahkan kami dalam mengurus orang tua,” tutur Mukhlas.[]

Ketua DPRK Serahkan Bantuan Kursi Roda untuk Warga Khusus
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *