Wakil Ketua DPRK (tengah) menghadiri Gebrak Masker di Gampong Neusu, Rabu, 2 September 2020.

Banda Aceh – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Isnaini Husda bersama Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, menghadiri apel sekaligus meluncurkan Program Gebrak Masker Aceh (GEMA) di Gampong Neusu, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, Rabu (02/09/2020).

Apel ini dihadiri oleh unsur forkopimda, muspika, para keuchik, dan para camat.

Dalam kesempatan itu, Isnaini Husda mengatakan, Gebrak Masker merupakan program nasional dan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Provinsi Aceh, termasuk Kota Banda Aceh. Program ini untuk mengedukasi masyarakat dan mengingatkan kembali betapa pentingnya mematuhi protokol kesehatan (prokes) melalui gerakan 4M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

“Ini upaya kita untuk mendisiplinkan masyarakat supaya masyarakat lebih waspada terhadap pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Covid ini memang nyata dan sudah berada di sekeliling kita,” katanya.

Dengan Gebrak Masker tersebut, Isnaini berharap masyarakat lebih meningkatkan lagi kewaspadaannya, lebih disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan. Dengan adanya kesadaran yang tinggi dari masyarakat serta upaya dari pemerintah dan seluruh elemen termasuk masyarakat pandemi Covid-19 bisa berakhir.

“Mudah-mudahan aktivitas kita semua, baik pemerintahan, masyarakat bisa kembali normal seperti sedia kala,” ujar politisi Partai Demokrat tersebut.

Isnaini menambahkan, motivasi yang perlu disadari oleh masyarakat terkait Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 45 tentang Kewajiban Pelaksanaan Protokol Kesehatan, yakni untuk mendisiplinkan masyarakat terhadap penggunaan masker sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Jikapun ada sanksi sebagaimana yang disebutkan dalam perwal tersebut, Isnaini berharap, sanksi tersebut harus bersifat edukasi dan sanksi sosial yang bisa menyadarkan dan membuat masyarakat lebih disiplin terhadap penggunaan masker dan mematuhi protokol kesehatan.

“Sifatnya hanya mengedukasi masyarakat supaya lebih disiplin dalam menjalani prokes dan meningkatkan pola hidup sehat supaya pencegahan dan penyebaran Covid-19 ini bisa segera teratasi,” pungkasnya.[]

Related Posts
Hadiri Peluncuran Gebrak Masker di Neusu, Isnaini Husda Ingatkan Warga Patuhi 4 M
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *