Banda Aceh — Anggota DPRK dari Fraksi Gerindra, Teuku Arief Khalifah, bersama Dinas Sosial Kota Banda Aceh mengunjungi kediaman Laisa Aulia (15), remaja penderita glukoma di Kecamatan Lueng Bata yang mengalami gangguan penglihatan sehingga tidak dapat melihat lagi. Arief yang hadir bersama Sekretaris Dinas Sosial M. Ridha membawa sejumlah bantuan untuk rumah tangga, tongkat pemandu jalan, serta Al-Quran Braille.

Laisa yang sudah hampir dua tahun tidak dapat melihat merupakan anak dari Bapak Jamainur dan Ibu Paridah, yang sehari-hari berjualan cendol dan bakso keliling. Melihat keadaan Laisa yang masih bersemangat untuk kembali melihat, Arief Khalifah bersama Tim Dinsos Banda Aceh berinisiatif untuk membawa Laisa ke dokter spesialis mata di RS Meuraxa untuk memeriksa kondisi mata dari remaja tersebut.

“Setelah menerima informasi dari tim di lapangan saya bersama Sekretaris Dinas Sosial beserta Kepala Puskesmas Batoh Kec. Lueng Bata dr. Laura, kami mengunjungi kediaman Laisa. Ternyata sakit yang dialami sudah lumayan lama, sehingga memerlukan penanganan lebih lanjut oleh dokter spesialis. Oleh sebab itu bersama sama kita mencoba memfasilitasi pemeriksaan awal bagi Laisa di RS Meraxa untuk mendapatkan rekomendasi lanjutan” jelas Arief.

“Berdasarkan pemeriksaan awal terdapat bebepa hal yang memerlukan penanganan lebih lanjut. InsyaAllah saya, Kepala Dinsos Kota dan Puskesmas Kecamatan Lueng Bata siap memberikan support agar hasil yang dicapai sesuai dengan harapan keluarga. Namun, saya juga mengingatkan kepada keluarga agar juga dapat tabah dalam menghadapi hasilnya, yang terpenting ikhtiar sudah dilakukan.”

Arief juga mengingatkan dan meminta warga apabila ada anggota keluarga atau tetangga di lingkungan yang memerlukan penanganan kesehatan yang serius, mohon segera dilaporkan minimal ke aparat gampong agar tidak terlambat dilakukan penanganan.

“Sehingga peluang kesembuhan juga lebih tinggi. Jangan merasa segan-segan, InsyaAllah pemerintah pasti membantu memfasilitasi kebutuhan terutama bagi warga yang kurang mampu” terang Arief.

Arief juga memberikan Apresiasi kepada Tim Dinsos yang terlihat cekatan dalam menangani informasi yang diberikan. “Kadinsos Arie Maula menerapkan SOP yang tepat dalam menangani informasi di lapangan, sehingga tidak hanya mendata dan memberikan bantuan, tetapi juga dapat menjalin komunikasi dengan baik antar OPD dalam memberikan penanganan segera yang lebih maksimal dalam tupoksi kerjanya,” kata Arief.

Namun, ke depan ia harapkan Dinsos dapat terus memperbaharui data data warga yang membutuhkan bantuan dan dipisah sesuai klasifikasi urgensi.

“Ke depan harus jelas pendataan masyarakat kita yang wajib menerima bantuan, juga harus terdata yang cacat fisik, yang dalam kedaaan sakit sehingga tidak produktif sehingga bantuan pemerintah tepat pada sasaran” tutup politisi Partai Gerindra ini.[]

Arief khalifah Fasilitasi Pemeriksaan Mata bagi Remaja Penderita Glukoma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *