Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar

Banda Aceh – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar, mengingatkan pemerintah kota agar kembali meningkatkan tracing, testing, dan treatment (3T) sebagai upaya memutus mata rantai Covid-19. Hal itu disampaikan Farid dalam rapat paripurna dewan, Senin (16/08/2021).

Farid Nyak Umar menyatakan keprihatinannya terkait kenaikan angka penyebaran atau kasus positif Covid-19 di Banda Aceh yang makin meningkat. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, kata dia pada Sabtu, 14 Agustus 2021, terjadi penambahan kasus positif sebanyak 102 orang dan dua meninggal dunia.

”Sementara berdasarkan data dari Pemerintah Aceh (https://covid19.acehprov.go.id), pada hari Minggu 15 Agustus 2021, kasus positif Covid-19 di Aceh bertambah 310 orang dan 10 meninggal,” kata Farid Nyak Umar saat menyampaikan sambutannya dalam rapat paripurna dewan.

Farid menjelaskan, sejak muncul Covid-19 di Banda Aceh pada Maret 2020, belum pernah tembus kasus 100 orang per hari, oleh karena itu, pihaknya meminta kepada Wali Kota Banda Aceh untuk segera mengambil langkah-langkah antisipasi, agar angka Covid-19 bisa menurun.

“Salah satunya adalah Pemko Banda Aceh untuk lebih gencar melalukan 3 T yaitu testing (tes), tracing (telusur), dan treatment (tindak lanjut atau mengobati),” ujarnya.

Lebih lanjut kata Farid, Pemko Banda Aceh juga perlu membuka layanan kontak pelacakan ( tracking ) berbasis tes swab PCR untuk mendapati kasus-kasus baru, tidak hanya bagi mereka yang bergejala, tetapi juga mereka yang tidak bergejala.

Berdasarkan data dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh, peningkatan kasus baru tidak hanya terjadi pada kelompok orang dewasa, tetapi infeksi Covid-19 juga menyasar kelompok anak yang turut menunjukkan peningkatan kasus.

”Dalam minggu ini, ada empat orang anak meninggal dunia karena Covid-19. bahkan dua hari belakang anak-anak yang meninggal dunia bukan anak-anak yang memiliki penyakit penyerta, tapi adalah anak-anak yang sehat,” ujarnya.[]

Tekan Angka Covid-19, Farid Nyak Umar Kembali Ingatkan Pemerintah agar Tingkatkan 3T
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *