Banda Aceh – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh meninjau proses pelaksaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di sejumlah sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Banda Aceh, Senin (19/9/2022).¹

Adapun sekolah yang ditinjau anggota dewan itu di antaranya SMP Negeri 8 di Darussalam dan SMP Negeri 2 di Lampriet. Turut hadir dalam kunjungan itu Ketua Komisi IV, M Arifin, Wakil Ketua, Syarifah Munirah, serta Anggota Musriadi Aswad dan Irwansyah.

Ketua Komisi IV M Arifin menyampaikan, setelah pihaknya meninjau langsung kesiapan pelaksaan ANBK di Kota Banda Aceh, menurutnya sejauh ini pelaksaan ANBK untuk SMP di Kota Banda Aceh sudah berjalan maksimal.

“Kami telah memastikan program nasional, sejauh ini kami melihat tidak ada kendala baik data, formasi, internet juga bagus, kita berharap kepada semua pihak agar mendukung pelaksanaan ini,” kata Arifin.

Hal serupa juga disampaikan Wakil Ketua Komisi Syarifah Munirah, menurutnya ANBK sudah dilalui dan tidak ada kendala yang berarti sejauh ini, tinggal menunggu hasilnys. Ia berharap apa pun hasil dari ANBK nantinya bisa menjadi bahan eveluasi bagi Pemerintah Aceh khususnya Kota Banda Aceh.

“Apakah itu baik atau buruk harus diterima kemudian menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah. Karana mutu pendidikan menentukan kelansungan generasi dan kemajuan daerah kita,” kata Syarifah.

Sementara Musriadi Aswad selaku anggota komisi menyampaikan, melalui kunjungan ini pihaknya
ingin memastikan pelaksaan ANBK ini berjalan normal dan lancar.

Dengan adanya ANBK ini diharapkan nantinya berdak pada peningkatan mutu sekolah dan peningkatan akreditasi sekolah itu sendiri.

“Karena itu kami berharap pelaksaan ini benar – benar adanya perhatian dari dinas pendidikan dan kepala sekolah agar ke depan ada peningkatan yang signifikan bagi mutu pendidikan,” ujarnya.[]

Komisi IV Tinjau Proses Pelaksaan ANBK Jenjang SMP
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *