Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar.

Banda Aceh — Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, mengatakan perkembangan media teknologi informasi yang pesat dapat memberikan pengaruh buruk kepada generasi muda jika tidak difilter dengan akidah yang kuat.

“Pengaruh globalisasi ini akan sangat mudah dan diterima oleh generasi muda dan anak didik jika tidak memiliki akidah yang kuat,” kata Farid saat menyosialisasikan Qanun Kota Banda Aceh Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pendidikan Diniyah, di kediamannya di Gampong Beurawee, Kecamatan Kuta Alam, Sabtu (4/4/2021).

Menurut Farid, dampak buruk dari kerusakan akidah dan iman generasi muda, kelak akan sama-sama dirasakan seperti maraknya perbuatan kriminal, hilangnya nilai moralitas dan solidaritas serta kasih sayang.

“Tentu hal tersebut tidak diinginkan oleh siapa pun. Generasi kita hari ini harus kita selamatkan agar kelak kehidupan kita bersama menjadi lebih baik, lebih damai, dan dalam bingkai syariat Islam,” katanya,

Oleh karenanya, Farid menilai melalui program Diniyah kegiatan keagamaan akan lebih masif dan menjadi bagian dari kegiatan positif yang akhirnya dapat menjauhkan generasi dan anak didik dari perilaku menyimpang.

Politisi PKS ini menjelaskan, Qanun Pendidikan Diniyah adalah Qanun Kota Banda Aceh dengan tujuan untuk memperkuat sekaligus menjadi benteng akidah bagi anak didik selaku generasi penerus bangsa, serta menjadikan mereka sebagai generasi yang beriman dan bertakwa serta beramal saleh.

Ia melanjutkan, qanun ini disusun dan disahkan karena mengingat terbatasnya jam pelajaran agama di sekolah formal, dengan adanya program diniah diharapkan anak didik kemudian mendapat pembelajaran ilmu agama, tentang akidah, akhlak, fiqih, dan praktik ibadah serta ilmu agama lainnya.

Farid berharap, melalui bulan Ramadan ini pihak sekolah, pengurus masjid, dapat mencanangkan segera rangkaian kegiatan keagamaan sehingga selama bulan Ramadan anak didik dapat mengisi aktivitasnya dengan kegiatan yang positif, yang kreatif, dan menyenangkan.

“Qanun ini disosialisasikan kepada para pemuda dan pemudi supaya kita menyadari betul bahwa pemuda merupakan elemen penting dan termasuk dominan dalam masyarakat kita,” tutur Farid Nyak Umar.[]

Ketua DPRK Sebut Pentingnya Pendidikan Diniyah, Benteng Akidah Generasi Muda
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *