Banda Aceh – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar, bersilaturahmi ke markas Sanggar Seni Cit Ka Geunta di Jalan K Saman, Gampong Beurawe, Kecamatan Kuta Alam, Minggu malam (14/5/2023).

Farid memberi motivasi dan mengapresiasi para pegiat seni khususnya sanggar Cit Ka Geunta yang telah eksis merawat tradisi kesenian daboh rapa’i dan lain-lain.

Menurutnya, kesenian Aceh merupakan salah satu keuneubah yang harus dirawat oleh generasi sekarang dan selanjutnya. Apalagi sanggar seni Cit Ka Genta selama ini juga banyak menoreh prestasi dengan mengikuti berbagai ajang baik tingkat kota, provinsi, maupun nasional. Di antaranya, penampilan pada perhelatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), kegiatan Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), dan ke ibu kota provinsi lain Indonesia, bahkan tampil di Singapura pada acara budaya nusantara.

“Di tengah serba berkemajuan ini, saya mengapresiasi anak-anak mileneal yang terus merawat kesenian Aceh. Sanggar Seni Cit Ka Geunta salah satu upaya merawat tradisi rapai geleng dan seurune kalee sebagai ciri khas kesenian Aceh,” ujarnya.

Ketua DPD PKS Banda Aceh ini menambahkan, Aceh banyak mewariskan tradisi kesenian oleh indatu. Karenanya, sanggar seni merupakan wadah kesenian yang dibentuk dalam masyarakat gampong untuk menjaga tradisi dan kesenian agar tidak punah ditelan zaman.

Farid menambahkan, ke depan diharapkan jika ada event khusus yang dilaksanakan oleh pemerintah kota maka event tersebut dapat menggali bakat dan kreativitas para pelaku kesenian Aceh.

“Ke depan kita berharap ada kegiatan seperti festival seni Aceh antarsekolah atau antarkelompok seni yang bertujuan untuk mencari bakat anak-anak muda Aceh yang siap memajukan tradisi seni Aceh yang sudah turun-temurun tersebut,” jelas Farid.

Sementara itu, Ketua Sanggar Seni Chit Ka Geunta, Al Kautsar, menyampaikan terima kasih kepada Ketua DPRK Banda Aceh yang selama ini peduli terhadap komunitas seni yang ada di Kota Banda Aceh.

“Alhamdulillah, selama ini kami sering diundang oleh Pemko Banda Aceh tampil pada berbagai acara, baik di dalam maupun luar kota,” ujar Muhammad Al Kautsar yang akrab disapa Dek Mat.

Dek Mat mengatakan, aktivitas sanggar Chit Ka Geunta rutin latihan dalam satu minggu dua kali, yakni Rabu malam dan Jumat malam.

Muhamad Al Kautsar juga bersyukur berbagai torehan prestasi Chit Ka Geunta juga pernah diraih seperti juara rapai geleng Expo Adyaksa dan juara lainnya. Karena itu pihaknya sangat berharap dukungan dari Ketua DPRK agar sanggar Cit Ka Geunta tetap eksis dalam menjaga dan memperkenalkan kesenian Aceh.

“Kami sangat berharap dukungan dari Ketua DPRK yang selama ini sudah men-support Sanggar Seni Cit Ka Geunta, sehingga para pelaku seni terus berkarya dan berkreativitas tanpa mengharap materi, tapi demi merawat tradisi kreativitas seni budaya Aceh,” imbuh Kautsar yang juga Sekdes Gampong Beurawe.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Dewan Pembina Sanggar Cit Ka Geunta, Tgk. Tarimin, Ulee Jurong D Gp. Beurawe, Iwan Surya, Nisfun Nahar (Anis ‘Sahur’), dan Remaja Masjid Al-Furqan, serta pelatih dan para anggota sanggar lainnya.[]

Ketua DPRK Motivasi Sanggar Seni Chit Ka Geuta Agar Terus Berprestasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *