Banda Aceh–Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar, dengan resmi membuka Safari Al-Qur’an Antarmasjid yang dipusatkan di Masjid Al-Huda, Gampong Laksana, Kecamatan Kuta Alam, Senin (27/03/2023).

Safari Al-Qur’an ini diikuti oleh ibu-ibu dan dilaksanakan sejak 27 Maret hingga 8 April 2023 di 13 lokasi dalam wilayah Kecamatan Kuta Alam. Kegiatan dimulai setiap harinya pukul 06.30-08.00 WIB dengan narasumber Ustadzah Andreana Lc M.Us (alumnus Universitas Al-Azhar Mesir dan Universitas Malaya).

Dalam sambutannya, Ketua DPRK Banda Aceh menyampaikan agenda utama Safari Al-Qur’an ini adalah untuk memperbaiki bacaan (tahsin) Al-Qur’an, tafsir Al-Qur’an, serta kajian seputar Al-Qur’an. Tujuannya agar para peserta semakin akrab dan semakin dekat interaksinya dengan Al-Qur’an.

Tujuannya adalah bagaimana agar menginspirasi, mendorong kita untuk terus dekat dengan Al-Qur’an. Salah satu penyebab mulianya bulan Ramadan juga karena merupakan bulan diturunkannya Al-Qur’an.

“Karena tidak ada acara lain kalau kita ingin mendapatkan kemuliaan, maka salah satu jalannya adalah dekat dan bersahabat bersama Al-Qur’an,” kata Farid di hadapan para jamaah.

Farid menambahkan, kegiatan mempelajari Al-Qur’an merupakan aktivitas terbaik seorang muslim. Ini sebagaimana sabda Rasulullah saw bahwa “Sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari). Dan bulan Ramadan merupakan kesempatan yang sangat baik bagi kita untuk semakin dekat dengan Al-Qur’an.

“Kita berharap ini menjadi bagian dari ikhtiar kita untuk mendekatkan diri dengan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupan kita. Karena orang yang mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an merupakan sebaik-baik manusia,” tutur Farid.

Sementara itu, Ketua Badan Kemakmuran Mesjid (BKM) Mesjid Al-Huda Gampong Laksana, Tgk. Yuslimar, mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Ketua DPRK Banda Aceh tersebut. Dia mengajak para jamaah untuk fokus dan sungguh-sungguh mengikuti kegiatan tersebut, apalagi dilaksanakan di waktu fajar di bulan Ramadan yang penuh berkah.

“Kami dari BKM Al-Huda berterima kasih kepada Ketua DPRK, Ustadz Farid Nyak Umar, yang telah melaksanakan kegiatan yang sangat baik ini, apalagi di bulan Ramadan dan di pagi hari yang penuh berkah,” ujar Yuslimar.

Adapun ke-13 lokasi pelaksanaan Safari Ramadhan 2023, yaitu Masjid Al Huda Gp. Laksana (27/03), Masjid Baitul ‘Alam Gp. Kuta Alam (28/03), Masjid Baiturrahmah Gp. Keuramat (29/03), Masjid Al Badar Gp. Kota Baru (30/03), dan Masjid Al Furqan Gp. Beurawe (31/03). Selanjutnya di Meunasah Baburrahman Lr. E Gp. Beurawe (01/04), Balai Pengajian Kompleks Perikanan Gp. Lampulo (02/04), Mushalla Dusun Tanggul Gp. Kuta Alam (03/04), Masjid Al Ikhlas Gp. Keuramat (04/04), dan di Balai Pengajian Tgk. Di Leupeu Gp. Mulia (05/04). Kemudian dilaksanakan di Masjid Al-Mukarramah Gp. Mulia (06/04), Mushalla Dusun Diwai Makam Gp. Lambaro Skep (07/04), dan terakhir di Masjid Al-Fitrah Asrama TNI AD PHB Gp. Bandar Baru (08/04/23).[]

Ketua DPRK Buka Safari Al-Qur’an Ramadhan 1444 Hijriah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *