Banda Aceh – Gampong Lamdingin Kecamatan Kuta Alam keluar sebagai juara umum dalam Festival Qur’ani III se-Kecamatan Kuta Alam yang berlangsung di halaman Masjid Al-Furqan Gampong Beurawe, Banda Aceh.

Kegiatan perlombaan antargampong tersebut dilaksanakan oleh Dinas Syariat Islam (DSI) Kota Banda Aceh bekerja sama dengan Remaja Masjid Al-Furqan Gampong Beurawe. Festival ini dibuka oleh Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq, pada 29 Oktober 2022 dan ditutup oleh Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, Jumat (4/11/22).

Festival yang berlangsung pada 29 Oktober sampai 4 November itu memperlombakan cabang Tilawatir Qur’an, Pidato Islami, Cerdas Cermat Agama, Tahfidz Al-Qur’an, dan Fashion Show Islami. Meski cuaca dalam kondisi gerimis, acara penutupan berlangsung meriah dan masyarakat terlihat sangat antusias mengikuti penyerahan hadiah untuk para juara.

Gampong Lamdingin meraih juara umum setelah mengumpulkan nilai terbanyak melalui cabang Tilawah Putra, Cabang Tilawah Putri, dan Pidato Islami. Sedangkan urutan kedua direbut oleh Gampong Kota Baru, sedangkan tuan rumah Gampong Beurawe meraih juara ketiga.

Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, menyerahkan langsung piala Juara Umum kepada kontingen Gampong Lamdingin yang diterima oleh Keuchik Gampong Lamdingin, Zakky M. Kasem, didampingi oleh Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh, Ridwan, S.Ag, M.Pd.

Dalam sambutannya Farid mengingatkan bahwa penutupan ini dilakukan hanya untuk kegiatan festival, sementara untuk aktivitas membaca Al-Quran, mengkaji Al- Quran, menghafal Al-Quran, dan mengamalkan Al-Qur’an harus tetap berlanjut.

Farid mengatakan, semangat belajar dan mengamalkan Al-Qu’ran tidak boleh dihentikan atau ditutup sampai kapan pun, melainkan harus tetap terbuka bahkan ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya.

“Kita berharap agar agar event-event untuk mensyiarkan Al-Qur’an perlu terus digaungkan, dan tidak boleh berhenti dengan selesainya festival. Interaksi dengan Al-Quran harus terus ditingkatkan, terutama menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an kepada generasi muda sejak dini, ” kata Farid dalam sambutannya saat menutup Festival Qur’ani.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris DSI Azmi, Kabid Dakwah DSI Irwanda, Camat Kuta Alam, Pengurus Asosisi Keuchik se-Kuta Alam, Keuchik Kampong Beurawe, Ketua TPG Beurawe, Ketua BKM Al-Furqan Beurawe, para Direktur TPA se Kuta Alam, pengurus FUSTAKA (Forum Ukhuwah Silaturahmi Ustadz/Ustadzah Kecamatan Kuta Alam) dan para tamu undangan lainnya.[]

Gampong Lamdingin Juara Umum Festival Qur’ani III Se-Kuta Alam
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *