Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar saat menerima kunjungan tim BPS Banda Aceh umat, 18 September 2020.

Banda Aceh – Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh mendukung Badan Pusat Statistik (BPS) untuk melakukan sensus data penduduk sebagai upaya membenahi persoalan data kependudukan di kota Banda Aceh.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, saat menerima kunjungan tim Sensus BPS yang dipimpin langsung oleh Kepala BPS Kota Banda Aceh, Rusmadi di ruang kerjanya, Jumat (18/09/2020).

Farid mengatakan, setelah melakukan pendataan, tim BPS juga mendatangi langsung rumah-rumah warga untuk mengonfimasi data base mereka sehingga nantinya diperoleh data yang akurat dan valid. Ini seharusnya yang perlu dilakukan pemerintah, karena selama ini banyak terjadi ketidakcocokan antara data yang dibuat oleh satu instansi dengan instansi lainnya.

“Mudah-mudahan dengan sensus yang dilakukan BPS Kota Banda Aceh ini akan membantu pemerintah. Sebab selama ini masih ditemukan ada warga yang sudah meninggal ataupun sudah pindah, tapi masih terdata pada data kependudukan gampong. Kami sangat mendukung dan insya Allah target BPS 100 % membenahi persoalan data bisa terwujud,” kata politisi PKS itu.

Sementara itu, Kepala BPS Kota Banda Aceh, Rusmadi, mengatakan, dirinya mengapresiasi DPRK Banda Aceh yang telah memotivasi sekaligus menyosialisasikan sensus penduduk di kota Banda Aceh. Rusmadi menyampaikan, hingga hari ini proses pendataan penduduk yang dilakukan dari rumah ke rumah sudah mencapai 95%. Salah satu faktor yang mempercepat kerja mereka ialah adanya testimoni dan sensus online yang pernah dilakukan bersama DPRK Banda Aceh.

“Terima kasih kerja sama DPRK Banda Aceh dan pemko yang sudah ikut mendukung kegiatan sensus penduduk ini,” tuturnya.[]

DPRK Harap Sensus BPS dapat Benahi Data Kependudukan di Banda Aceh
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *