Anggota Komisi IV DPRK Banda Aceh Musriadi.

Banda Aceh – Anggota Komisi IV DPRK Banda Aceh, Dr Musriadi SPd MPd, mendorong Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh untuk membentuk sekolah siaga bencana.

Menurut Musriadi, selain mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran, peserta didik juga perlu mengembangkan potensi diri dalam kecakapan mengantisipasi kebencanaan.

“Sekolah siaga bencana merupakan upaya membangun kesiapsiagaan sekolah terhadap bencana dalam rangka menggugah kesadaran seluruh unsur-unsur dalam bidang pendidikan, baik individu maupun kolektif di sekolah dan lingkungan sekolah baik itu sebelum, saat, maupun setelah bencana terjadi,” kata Musriadi, Sabtu (3/9/2022).

Musriadi menjelaskan, program sekolah siaga bencana itu penting akan menjadi alternatif terbaik dalam mengurangi dampak bencana karena sekolah merupakan wahana yang efektif dalam memberikan informasi, pengetahuan, dan keterampilan kepada siswa.

“Pengetahuan bahaya bencana sangat diperlukan dan harus disampaikan kepada para siswa-siswi sekolah agar lebih bisa mengambil tindakan dan apa yang harus dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi bencana,” ujarnya.

Musriadi mengungkapkan, pengetahuan ini jarang didapatkan mereka di lingkungan tempat tinggal. Oleh karena itu, tugas tersebut menjadi tugas pemerintah yang bertanggung jawab memberikan edukasi dan pengetahuan tentang kebencanaan melalui kurikulum sekolah.

“Disdikbud harus membangun kerja sama dan melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan melalui program pelatihan menghadapi bencana, siswa harus dididik cinta lingkungan, sadar resiko, dan sigap menanggulangi bencana,” tutur politisi PAN tersebut.[]

Dewan Dorong Disdikbud Bentuk Sekolah Siaga Bencana
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *