Banda Aceh – Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, menerima kunjungan Rektor Institut Agama Islam Tazkia Bogor, Dr Murniati Mukhlisin M.Acc. CFP di ruang kerjanya, Rabu (9/2/2022).

Dalam pertemuan itu Murniati menyampaikan beberapa hal terkait dukungan pihak luar Aceh, khususnya IAI Tazkia, dalam penguatan implementasi Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah di Aceh.

“Kita berharap qanun ini bermanfaat bagi masyarakat Aceh dan pegiat ekonomi syariah di mana pun, sebab implementasi ekonomi syariah di Aceh menjadi model bagi Indonesia,” katanya.

Murniati juga menyampaikan, pihaknya juga ingin kembali melakukan kerja sama dengan Pemko Banda Aceh dan DPRK Banda Aceh terkait program beasiswa bagi yatim duafa dalam kegiatan pengembangan ekonomi syariah yang berorientasi pada wirausaha syariah (pelaku UMKM). Selanjutnya kerja sama dalam hal penguatan peran terhadap dai dan sertifikasi halal produk pada tahun 2024 nanti.

“Uniknya, meski di Aceh memiliki kampus UIN Ar-Raniry dan USK juga punya program sejenis, tetapi untuk program tahfiz di universitas Islam baru ada di IAI Tazkia,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, menyampaikan apresiasi dan berterima kasih atas kunjungan Rektor IAI Tazkia tersebut.

Farid mengatakan, Banda Aceh harus menjadi pilot project di level nasional dalam bidang ekonomi syariah. Dengan adanya implementasi Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 LKS tersebut diharapkan peran penguatan ekonomi syariah melalui lembaga keuangan syariah di Banda Aceh lebih komprehensif di semua leading sector.

“Apa yang disampaikan oleh Rektor Tazkia ke DPRK Banda Aceh akan menjadi masukan untuk diteruskan ke Pemerintah Kota dan juga instansi terkait,” katanya.

IAI Tazkia merupakan salau satu lembaga pendidikan yang telah berkiprah selama dua dekade, sebelumnya lembaga itu bernama Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Tazkia. Dikutip dari republika.co.id, lembaga pendidikan ini banyak berkontribusi di bidang penguatan syariah melalui payung Tazkia Consulting, dosen, dan penelitinya yang membantu proses konversi bank konvensional menjadi syariah, di antaranya Bank Aceh Syariah. Pada 2020 lalu, IAI Tazkia mendapat penghargaan sebagai kampus penyedia pendidikan keuangan syariah terbaik di dunia oleh Global Islamic Finance Award (GIFA) yang berpusat di UK.[]

Bertemu Ketua DPRK, Rektor IAI Tazkia Bogor Bahas Rencana Kerja Sama Bidang Syariah
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *